Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laptop anda terasa lemot? Coba 9 Hal Ini Sebelum Menyerah

 Laptop anda terasa lemot?  Coba 9 Hal Ini Sebelum MenyerahLaptop anda terasa lemot? Apakah Anda harus menunggu lima menit setelah me-reboot laptop sebelum merespons? Apakah sulit untuk beralih di antara tab browser bahkan ketika Anda membuka kurang dari setengah lusin?

Laptop yang lambat dan membuat frustrasi mungkin membuat Anda berbelanja model baru, tetapi Anda harus mencoba tips ini sebelum menyerah. Meningkatkan kinerja laptop Anda yang sudah tua dapat memperpanjang umurnya beberapa tahun dan menjauhkannya dari tempat pembuangan sampah.

Mulai ulang PC Anda

Sudahkah Anda mencoba mematikan dan menghidupkannya lagi?

Ini klise karena suatu alasan. Jika ada, trik ini bahkan lebih relevan saat ini. Laptop modern dapat diandalkan dan dapat ditempatkan dalam mode tidur yang efisien untuk menghemat daya. Tidak ada alasan untuk mematikannya kecuali Anda menginstal pembaruan Windows atau pemecahan masalah.

Cobalah. Matikan laptop dan hidupkan kembali menggunakan tombol power. Hanya butuh satu menit.

Bersihkan aplikasi startup

Awal yang baru juga memungkinkan Anda melihat aplikasi diluncurkan saat laptop Anda boot ke Windows. Banyak aplikasi dirancang untuk diluncurkan saat Windows dimuat, dan cenderung menumpuk seiring waktu. Tumpukan aplikasi startup dapat menghambat laptop.


Matt Smith/IDG

Anda dapat membersihkan aplikasi startup dengan membuka aplikasi Pengaturan Windows 10. Pilih Aplikasi dari dan kemudian Startup. Anda akan melihat daftar aplikasi yang diluncurkan saat startup. Beralih di sebelah setiap aplikasi memungkinkan Anda mengaktifkan atau menonaktifkannya. Windows bahkan memiliki perkiraan seberapa besar pengaruhnya terhadap waktu boot (meskipun perkiraan ini belum terbukti akurat menurut pengalaman saya).

Sebagian besar aplikasi akan muncul dalam daftar ini, tetapi beberapa mungkin tidak. Kamu bisa nonaktifkan aplikasi ini dengan cara kuno dengan aplikasi Konfigurasi Sistem Windows.

Periksa koneksi Internet Anda

Kemungkinannya adalah sebagian besar tugas yang biasa Anda lakukan di laptop memerlukan koneksi Internet. Penjelajahan web, streaming Netflix, dan game online semuanya memerlukan koneksi yang sehat. Koneksi internet yang lambat dapat menurunkan kinerja.

Anda dapat memeriksa koneksi Internet Anda dengan utilitas tes kecepatan seperti speedtest.net. Jalankan tes beberapa kali sambil merekam waktu ping, kecepatan unduh, dan unggah Anda. Idealnya Anda ingin melihat waktu ping dalam satu digit dengan kecepatan unduh dan unggah di atas 10Mbps.

Perhatikan juga ayunan liar dalam kinerja di antara pengujian. Itu pertanda koneksi Internet Anda berfungsi tetapi tidak dapat diandalkan.

Mencurigai koneksi internet Anda yang bermasalah? Memeriksa panduan kami untuk memperbaiki koneksi internet kabel jika Anda menggunakan ethernet, atau panduan kami untuk memperbaiki masalah Wi-Fi jika Anda menggunakan nirkabel.

Kosongkan RAM

Memori akses acak laptop Anda, atau RAM, adalah memori jangka pendeknya. Itu melacak aplikasi aktif dan data yang mereka butuhkan. Laptop yang kehabisan RAM malah harus mengambil data langsung dari hard drive yang, bahkan dalam kasus solid state drive modern, membutuhkan lebih banyak waktu.

Anda dapat melihat program yang aktif, dan memori yang digunakannya, dengan Pengelola tugas. Anda dapat meluncurkan ini dari Pencarian Windows atau dengan menekan CTRL+ Alt + Delet pada keyboard Anda dan pilih Task Manager dari menu yang muncul.


Task Manager akan membuka daftar program yang aktif. Pilih More Detail untuk melihat jumlah memori yang digunakan setiap program. Pilih aplikasi yang tampaknya menggunakan banyak memori dan tekan End Task untuk menutupnya. Berhati-hatilah ini sepenuhnya (dan langsung) menutup aplikasi dan Anda mungkin kehilangan data yang belum disimpan.

Membebaskan RAM dengan Task Manager adalah bantuan band. Ini dapat membantu Anda membasmi babi RAM, tetapi kemungkinan aplikasi yang Anda buka terbuka karena suatu alasan. Namun, ini dapat berfungsi saat Anda mencari aplikasi alternatif yang menggunakan lebih sedikit memori atau merencanakan peningkatan RAM.

Kosongkan ruang di hard drive Anda

Hard drive Anda adalah memori jangka panjang laptop Anda, dan itu juga akan menyebabkan masalah saat terisi penuh. Anda tidak akan dapat menginstal aplikasi baru, tentu saja, dan mungkin melihat malaise umum. Ini terjadi karena banyak aplikasi, dan Windows itu sendiri, membutuhkan sedikit ruang untuk menyimpan file sementara.

Anda dapat memeriksa penyimpanan laptop Anda dengan membuka Pengaturan Windows, memilih Sistem, lalu Penyimpanan. Windows akan menampilkan grafik batang yang menunjukkan berapa banyak penyimpanan yang digunakan. Bilah akan berwarna merah jika hard drive Anda terlalu penuh.


Menu yang sama ini juga menyediakan daftar bagaimana penyimpanan Anda digunakan. Ini termasuk aplikasi, file sementara, video, musik, file OneDrive, dan lainnya. Anda dapat memilih masing-masing untuk tidak hanya melihat perincian tentang apa yang menghabiskan ruang tetapi mulai menghapus aplikasi atau mengosongkan penyimpanan sementara. Aplikasi & fitur hampir selalu menghabiskan banyak ruang, jadi menjelajahi bagian itu dan mencopot pemasangan aplikasi besar adalah cara paling efektif untuk mengosongkan ruang.

Namun, menu Penyimpanan Windows tidak sempurna. Itu bisa gagal mendeteksi program, dalam hal ini mereka akan terdaftar di bawah Lainnya, bukan Aplikasi & fitur. Pastikan untuk memeriksa keduanya.

Panduan kami untuk mengosongkan ruang pada hard drive laptop memiliki lebih banyak tips menghemat ruang.

Jalankan Pembaruan Windows

Pembaruan Windows dapat meningkatkan kinerja dengan memperbarui driver laptop Anda atau menginstal versi baru Windows yang menyelesaikan masalah yang ditemukan di versi sebelumnya.

Secara default, laptop Anda harus menjalankan Pembaruan Windows secara teratur, yang berarti Anda tidak akan memiliki pembaruan untuk diinstal. Anda mungkin telah menunda pembaruan Anda, atau menonaktifkan fitur sepenuhnya. Pengguna Windows sering melakukan ini setelah lelah dengan pengingat Windows Update yang sering.

Anda dapat menjalankan Pembaruan Windows dengan membuka menu Pengaturan Windows lalu memilih Pembaruan & Keamanan. Ini akan diluncurkan langsung ke Pembaruan Windows. Unduh dan instal pembaruan yang tertunda. Sebagian besar pembaruan mengharuskan Anda me-restart laptop untuk menyelesaikan instalasi.

Setel ulang Windows

Apakah laptop Anda masih sangat lambat? Saatnya untuk menarik keluar dan nuke situs dari orbit.

Menyetel ulang Windows adalah langkah ekstrem tetapi sering kali membantu masalah kinerja. Anda secara efektif mengembalikan laptop ke pengaturan default pabrik. Ini dapat mengatasi masalah aplikasi, konfigurasi Windows, dan driver perangkat yang menyebabkan masalah kinerja.

Panduan kami untuk mengatur ulang Windows memberikan detailnya. Untungnya, langkah-langkahnya cukup mudah. Buka aplikasi Pengaturan Windows, pilih Pembaruan & Keamanan, lalu Pemulihan. Setel ulang PC ini duduk di bagian atas menu ini. Memukul Memulai dan ikuti petunjuk di layar.

Pastikan untuk membuat cadangan semua file penting sebelum Anda mengatur ulang Windows. Penyetelan ulang dapat memakan waktu pada perangkat keras yang lebih lama, jadi rencanakan agar laptop tidak berfungsi untuk hari itu.

Tingkatkan RAM laptop Anda

Laptop anda masih lemot? Upgrade perangkat keras bisa menjadi satu-satunya harapan Anda.

Menambahkan RAM akan memperbaiki kinerja yang lamban yang disebabkan oleh kapasitas RAM yang terbatas. Meskipun Anda dapat menutup program untuk mengosongkan RAM, seperti yang disarankan sebelumnya, menambahkan lebih banyak RAM adalah solusi jangka panjang terbaik.

Sayangnya, ini tidak selalu memungkinkan. Laptop modern dapat secara permanen memperbaiki RAM ke mainboard atau menyegel laptop dengan cara yang membuat pemutakhiran menjadi sulit atau tidak mungkin dilakukan tanpa alat khusus. Periksa manual laptop Anda untuk melihat apakah upgrade dapat dilakukan.

Panduan kami untuk meningkatkan RAM laptop Anda akan membantu Anda menavigasi detail pembelian dan pemasangan RAM baru.

Tingkatkan ke solid state drive

Sebagian besar laptop saat ini dijual dengan solid state drive, tetapi beberapa model terbaru tersedia dengan disk berputar mekanis, juga dikenal sebagai hard disk drive atau HDD. Disk drive menawarkan banyak penyimpanan dengan harga murah tetapi jauh lebih lambat daripada solid state drive. Anda akan menunggu setiap kali Anda mengakses data dari hard disk.

Seperti halnya RAM, tidak setiap laptop dibuat untuk memungkinkan peningkatan hard drive pengguna. Karena itu, laptop yang dikirimkan dengan hard disk drive cenderung mendukung peningkatan. Anda dapat memeriksa manual laptop Anda untuk mengetahui lebih lanjut.

Panduan kami untuk menambahkan solid state drive ke laptop Anda akan membantu Anda membeli dan memasang solid state drive baru, sementara panduan kami untuk SSD terbaik dapat membantu Anda menemukan yang hebat.

Pastikan bahwa Anda backup data penting sebelum kamu memulai. Kebanyakan laptop tidak mendukung dua hard drive. Anda harus mengganti drive Anda saat ini untuk menginstal yang baru.

Laptop anda masih lemot? Mungkin sudah waktunya untuk menggantinya.

Dengan keberuntungan, tips ini akan membantu Anda mengatasi masalah kinerja laptop Anda. Jika tidak, saatnya mempertimbangkan laptop baru. Ulasan laptop kami akan mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Kami juga memiliki saran untuk cara untuk menggunakan kembali laptop lama. Ingat, jangan hanya membuangnya di tempat pembuangan sampah! Laptop termasuk bahan yang dapat berbahaya jika dilepaskan dan baterai lithium-ion dapat terbakar jika rusak. Anda dapat mendaur ulang laptop, seringkali tanpa biaya, dengan mengirimkannya ke pusat daur ulang setempat atau menghubungi produsennya.

Post a Comment for "Laptop anda terasa lemot? Coba 9 Hal Ini Sebelum Menyerah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel