Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima hal yang salah dengan laptop Anda dan cara memperbaikinya


Lima hal yang salah dengan laptop Anda dan cara memperbaikinya
Kami telah menyurvei ribuan pemilik laptop untuk menemukan kesalahan laptop yang paling umum. Jika laptop Anda akan mengalami kesalahan, kemungkinan itu salah satunya – jadi kami juga memberi tahu Anda cara memperbaikinya.

Untungnya, seperti yang dibuktikan oleh survei kami, kesalahan fatal yang mencegah Anda menggunakan laptop secara efektif atau sama sekali jarang terjadi. Berdasarkan data kami, kami tahu bahwa laptop umumnya merupakan perangkat yang cukup andal; data kami menunjukkan sebagian besar laptop bertahan setidaknya delapan tahun, dan merek terbaik rata-rata akan bertahan hampir satu dekade.

Namun sayangnya bukan berarti laptop Anda akan berjalan mulus sampai saat ini. Di bawah ini, kami telah mencantumkan lima masalah laptop yang sedang tren, bagaimana Anda dapat mencegahnya, dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya jika sudah mulai terjadi.

1. Laptop saya lebih lambat dari sebelumnya

Ini menyumbang 15% dari masalah laptop dalam survei kami dan merupakan masalah paling umum di antara pemilik laptop.

Kami telah membahas secara mendetail tentang alasan mitos mengapa laptop melambat seiring waktu (baca kami panduan untuk memperlambat mitos laptop untuk lebih lanjut), jadi di sini kami akan fokus pada alasan yang paling mungkin dan bagaimana Anda dapat mencegahnya.

Program dan file memperlambat Anda

Seiring waktu, saat Anda menginstal lebih banyak program dan mengunduh lebih banyak barang, komputer Anda mungkin mulai merasakan ketegangan, terutama jika Anda tidak melacak berapa banyak program yang berjalan pada satu waktu.

Kami adalah pendukung besar untuk sesekali menyegarkan dan menginstal ulang Windows untuk memastikan kinerja terbaik, dan kami memiliki panduan tentang mempercepat komputer yang lambat dan mengosongkan ruang hard drive yang akan membantu Anda memulai.

Debu di kipas dan ventilasi yang tersumbat

Mungkin kedengarannya tidak logis, tetapi laptop yang berdebu adalah laptop yang lambat. Ini karena bagian dalam laptop menghasilkan banyak panas. Semua energi listrik yang digunakan untuk memuat klip kucing di YouTube atau, kadang-kadang, menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya, hilang sebagai panas, dan kipas di laptop Anda perlu berputar agar bagian dalamnya tetap dingin.

Jika mereka tidak bisa tetap tenang, laptop melindungi dirinya sendiri dengan memperlambat seberapa cepat ia dapat melakukan sesuatu. Petunjuk bahwa laptop Anda melambat karena terlalu panas adalah terasa lebih panas saat disentuh daripada biasanya, dan kipas berputar lebih berisik daripada biasanya.

Untuk mencegah overheating menjadi bugbear, pastikan laptop Anda selalu memiliki banyak ruang di mana udara panas biasanya dikeluarkan. Hindari menggunakan laptop Anda langsung di atas jok, bantal dan karpet untuk mencegah penumpukan debu dan memaksimalkan aliran udara.

Pertimbangkan apakah Anda mungkin mendapat manfaat dari pembersih udara untuk menjaga ruangan yang sangat berdebu. Ini tidak hanya bagus untuk laptop Anda, tetapi juga dapat membantu mencegah alergi.

Jika Anda merasa sudah ada debu di laptop Anda, Anda bisa membeli sekaleng udara bertekanan dan meniupnya melalui ventilasi. Namun, ini harus dilakukan dengan hati-hati karena Anda bisa meniup debu lebih jauh ke dalam.

Jika laptop Anda memiliki sekrup di bagian bawah, kemungkinan Anda dapat dengan mudah membukanya dan mengeluarkan debu dari dalam. Ingatlah bahwa membuka laptop Anda dapat membatalkan garansi. Meskipun jika Anda mengalami masalah debu, laptop Anda mungkin sudah melewati cakupan satu atau dua tahun.

2. Masa pakai baterai laptop saya memburuk

Ini menyumbang 14% dari masalah laptop dalam survei kami. Seperti yang diketahui oleh siapa saja yang memiliki smartphone yang sama selama lebih dari satu tahun, baterai semakin memburuk seiring waktu seiring bertambahnya usia secara kimiawi. Proses ini tidak dapat diubah dan merupakan bagian dari siklus hidup baterai.

Penuaan ini dimulai secara bertahap, tetapi karena baterai menjadi sangat tua, mereka dapat mulai kehilangan muatan dalam jumlah besar dalam waktu singkat, atau bahkan gagal menghasilkan daya yang cukup untuk membuat laptop Anda tetap menyala jika melakukan sesuatu yang sangat menuntut.

Ini adalah salah satu alasan mengapa Apple menerapkan batasan kinerja kontroversial pada iPhone yang menua; untuk mencegah ponsel meminta lebih banyak daya daripada yang dapat diberikan baterai pada satu waktu.

Anda tidak dapat menghentikan penuaan baterai, tetapi Anda dapat memperlambat prosesnya. Saat Anda tidak menggunakan laptop, matikan dan cabut kabelnya saat nyaman. Jika ada pengaturan baterai yang mungkin telah ditambahkan oleh pabrikan laptop Anda – seringkali mereka memiliki pengaturan yang membuat baterai tetap terisi di bawah 80% untuk memperpanjang masa pakainya – tetap nyalakan.


Jika Anda memiliki terlalu banyak program yang berjalan di latar belakang sekaligus, ini dapat menguras baterai Anda lebih cepat. Jauhkan program-program tersebut untuk mencegah mereka melahap waktu berharga Anda jauh dari listrik.

3. Laptop saya tidak dapat diisi dengan benar

Ini menyumbang 9% dari masalah laptop dalam survei kami

Masalah pengisian daya seringkali dapat berasal dari kesalahan pada port pengisian daya pada laptop. Ini biasanya disebabkan oleh tersandung kabel pengisi daya atau mencolokkannya setiap hari.

Hal-hal juga bisa salah di bagian 'bata daya' perangkat, karena di sinilah kabel bisa mendapatkan banyak penyalahgunaan ketika diremas di tas Anda atau terjepit di bawah kaki kursi. Meskipun tampaknya sulit untuk memulai, beberapa tahun keausan dapat menyebabkan kerusakan, dan paling buruk Anda bahkan mungkin mulai melihat kabel yang terbuka.

Pada saat itu, atau jika pengisi daya Anda gagal total, ada banyak opsi aftermarket yang tersedia jika Anda ingin menghemat uang. Meskipun demikian, kami selalu tergoda untuk menggantinya dengan model yang identik atau yang direkomendasikan dari pabrikan laptop, karena Anda tahu bahwa itu akan dirancang dengan mempertimbangkan perangkat Anda.

Masalah pengisian juga dapat berasal dari kesalahan baterai. Kami tahu laptop yang disimpan di lemari selama berbulan-bulan hanya menolak untuk menerima tagihan. Ini akan memanifestasikan dirinya sebagai simbol pengisian daya baterai di komputer Anda yang menunjukkan bahwa itu terpasang, tetapi tidak pernah benar-benar meningkat dalam persentase. Dalam kasus ini komputer biasanya akan mati segera setelah Anda mencabutnya.

Pada titik ini, ada baiknya menghubungi pabrikan atau bengkel komputer lokal untuk mendapatkan bantuan.

4. Saya punya masalah layar laptop

Ini menyumbang 6% dari masalah laptop dalam survei kami.

Masalah layar bisa muncul kapan saja. Sayangnya, piksel mati adalah bagian dari kehidupan. Meskipun jika seseorang datang cukup awal, dimungkinkan untuk mengganti dalam garansi.

Masalah layar lainnya termasuk peredupan dan tambalan gelap. Hal ini dapat disebabkan oleh usia – perangkat keras yang membentuk layar menua seiring waktu dan pada akhirnya akan mulai berkinerja kurang baik. Namun, jika Anda mendapatkan patch gelap atau terang secara tiba-tiba, itu bisa karena kerusakan fisik; entah sesuatu telah mengenai layar atau mungkin bocor.

Apa pun penyebabnya, layar laptop dapat diganti, dan bengkel komputer lokal harus dapat mencari yang sesuai dengan perangkat Anda.

5. Beberapa tombol di keyboard laptop saya berhenti berfungsi

Ini menyumbang 4% dari masalah laptop dalam survei kami.

Berbagai hal bisa salah dengan keyboard laptop dan masalah keyboard umum merupakan bagian yang adil dari masalah yang dimiliki orang dengan laptop mereka.

Tombol keyboard sangat sederhana tetapi juga rapuh jika terkena air atau remah-remah.

Banyak keyboard laptop lama dapat diganti dengan mudah. Biasanya Anda akan melihat beberapa lekukan kecil di sekitar tepi keyboard yang memungkinkannya untuk diangkat dengan mudah.

Meskipun saat ini, kebanyakan laptop memiliki keyboard yang merupakan bagian integral dari perangkat itu sendiri, yang berarti seluruh komputer harus dibongkar untuk menggantinya. Ini juga membuat kunci individu sangat sulit untuk dihapus sehingga bisa menjadi mimpi buruk yang mahal untuk menyelesaikan masalah yang rumit dan membuat frustrasi ini.\



Jika berbentuk padat, seperti remah atau pasir, Anda dapat mencoba menggunakan penyedot debu untuk mengeluarkan kotoran. Sikat gigi atau sikat kawat halus lainnya juga bisa membantu. Menekan tombol dengan keras beberapa kali dapat membantu memecah benda yang lebih besar yang menyebabkan penghalang.

Jika kerusakan air, Anda mungkin kurang beruntung karena kontak tombol listrik mungkin rusak secara permanen. Tetapi Anda harus memberikan komputer 24 jam atau lebih untuk benar-benar kering sebelum menyerah, secara metaforis. Kami tidak akan merekomendasikan merendam laptop Anda dalam beras karena ini akan membuat lebih banyak kotoran untuk ditangani.

Sementara Anda menunggu untuk memutuskan apa yang harus dilakukan, Anda dapat mencoba untuk mengatasi masalah tersebut. Perbaikan sederhana adalah dengan membeli keyboard yang sangat murah dan menggunakannya sebagai gantinya. Tetapi jika Anda membutuhkannya untuk bekerja sekarang, Anda dapat menyiapkan makro di Word atau Google Documents yang mengambil kombinasi huruf dan mengubahnya menjadi huruf lain.

Misalnya, jika kunci 'B' Anda tidak berfungsi, Anda dapat mengaturnya sehingga menekan tombol 'n' di sebelahnya tiga kali akan mengubahnya menjadi b. Tidak ideal, tetapi membantu dalam keadaan darurat.

  • Di Google Documents, buka Alat, Preferensi, lalu Substitusi untuk menyiapkannya
  • Di Word, buka Pengaturan dan Pemeriksaan untuk menyiapkan koreksi otomatis.

Penelitian kami

Pada Juli 2021 kami bertanya kepada 7.374 pemilik laptop Yang Mana? anggota tentang pengalaman mereka dengan laptop mereka saat ini dan sebelumnya, termasuk kesalahan apa pun yang mereka miliki dan seberapa parahnya.

Post a Comment for "Lima hal yang salah dengan laptop Anda dan cara memperbaikinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel