Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tolong, Baterai Laptop Saya Bengkak! Sekarang apa?

Tolong, Baterai Laptop Saya Bengkak!  Sekarang apa?- Baterai lithium-ion mengemas pukulan luar biasa untuk ukurannya. Mereka cukup kuat untuk menjalankan laptop kita selama berjam-jam dengan sekali pengisian daya, sebagai inti dari smartphone terbaru, dan bahkan berfungsi sebagai pembangkit listrik di belakang kendaraan listrik mutakhir seperti keluarga Tesla. Tetapi baterai lithium-ion memiliki batasnya, dan mengingat betapa kuatnya laptop dalam beberapa tahun terakhir, kami mengandalkan mesin kami lebih lama dari sebelumnya. Dan itu berimplikasi pada baterai: Mereka masuk melayani untuk lebih lama dari sebelumnya, juga. Dan terkadang, itu berarti mereka menunjukkan batas teknologi.

Anda mungkin pernah mengalami hal ini pada Anda: Laptop atau ponsel yang Anda miliki selama bertahun-tahun tiba-tiba berhenti bekerja, atau mungkin mulai menunjukkan beberapa tanda pembengkakan fisik internal. Layar ponsel Anda mulai menonjol, atau jahitannya terbuka, atau keyboard laptop Anda menjadi tonjolan yang tidak sedap dipandang. Itu bisa jadi karena gelembung besar yang mungkin secara bertahap, atau tiba-tiba, muncul di baterai Anda. Tetapi mengapa ini terjadi, dan apa yang dapat Anda lakukan?

Kami berbicara dengan beberapa insinyur dan pakar dari produsen komputer dan perusahaan terkait untuk menggali apa yang perlu Anda ketahui tentang baterai bengkak, dan apa yang harus dilakukan jika Anda memilikinya.

Apa Penyebab Baterai Saya Membengkak?

Baterai bengkak adalah hasil dari dua hal: kepadatan energi dan panas. Pembengkakan adalah hasil dari terlalu banyak arus, dengan cara yang tidak terkontrol, di dalam sel baterai, yang menyebabkan penumpukan panas dan gas. Ini terjadi karena bahan di dalam baterai rusak atau mengalami stres atau kerusakan fisik dari waktu ke waktu.

Baterai laptop tertentu terdiri dari beberapa sel diskrit, dan masalah dapat muncul hanya pada satu, atau lebih dari satu sel tersebut. Anda akan sering melihat baterai laptop yang digambarkan sebagai, misalnya, empat sel atau enam sel, yang menunjukkan struktur internal baterai. (Beberapa laptop, biasanya model bisnis, memberi Anda pilihan kapasitas baterai/jumlah sel pada saat pembelian, tetapi itu lebih jarang daripada di masa lalu.) Fakta bahwa laptop jarang datang dengan baterai yang dapat dilepas lagi (dalam arti, Anda dapat menukarnya masuk dan keluar tanpa membuka sasis) memperburuk masalah.

 


Baterai bengkak (kanan) versus paket daya baru (Foto: Tony Hoffman)

“Alasan mengapa baterai ini membengkak adalah karena elektrolit yang memisahkan lapisan antara pembungkus terdegradasi, dan ketika terdegradasi, itu berubah menjadi gas,” kata Arthur Shi, penulis teknis utama di iFixit.com. “Sekarang elektrolitnya terdegradasi, benda-benda tidak lagi diisolasi dan mereka mulai korslet, dan itu menyebabkan hot spot nanti. Itu pada akhirnya dapat menyebabkannya melakukan pelarian termal, yang berarti bahkan dapat memicu kebakaran.”

Penyebab paling umum dari baterai bengkak adalah pengisian yang berlebihan. Menjaga baterai Anda dalam kondisi pengisian daya yang tinggi, menurut Shi, dapat membuatnya stres, membuatnya lebih cepat rusak.

“Dalam aplikasi di mana Anda memiliki sistem yang terhubung 24/7, setelah beberapa tahun kemungkinan Anda mendapatkan baterai bengkak meningkat,” kata Phil Jakes, insinyur utama dan direktur teknologi strategis di Lenovo. “Hal lain yang mendorongnya adalah panas. Baterai tidak suka panas, dan ada proses kimia yang dimulai ketika baterai mencapai lebih dari 100 derajat.”

Penyebab umum lainnya adalah kerusakan mekanis pada baterai. Itu mungkin disebabkan oleh pukulan pada laptop itu sendiri, atau kerusakan yang terjadi saat menggantinya (atau mengacaukan komponen lain di sekitarnya). Memukul permukaan yang keras dan membuat casing penyok dapat menyebabkan kondisi pembengkakan, seperti halnya paparan suhu yang terlalu tinggi. Selain itu, kerusakan yang terjadi pada bagian luar perangkat Anda dapat berpindah ke baterai dan menyebabkannya menjadi terlalu panas dan membengkak.


Tanda-tanda Baterai Bengkak

Sekarang, tanda-tandanya mungkin tidak kentara, atau tidak mungkin diabaikan. Saat baterai mengembang, perangkat Anda mungkin perlahan berubah bentuk. Misalnya, keyboard laptop Anda bisa mulai menonjol, atau Anda mungkin melihat perangkat Anda tiba-tiba goyah saat Anda meletakkannya di permukaan yang datar, dengan bagian bawah sasis agak melebar jika Anda melihatnya di tepi. Atau mungkin sesuatu yang sama membingungkannya dengan tombol keyboard tertentu yang menjadi sulit untuk ditekan.

Jika laptop Anda mudah dibuka (dengan kata lain, laptop memiliki sekrup sederhana di bagian bawah sasis), Anda dapat melepas penutup bawah dan, dalam banyak kasus, periksa kondisi fisik baterai dengan cara itu. Jika terlihat bengkak atau bulat, kemungkinan besar itu bengkak. Paling penting: Saat memeriksa apakah baterai Anda bengkak, lakukan dengan hati-hati, karena sel berada di bawah tekanan. Kenakan pelindung mata dan jangan menyodok atau membongkar sel.

 


Baterai yang bengkak tidak selalu langsung terlihat saat itu terjadi, atau pada awalnya. Itu tergantung pada seberapa banyak ruang yang harus diperluas di dalam sasis laptop. Dengan laptop tipis, itu biasanya sedikit atau tidak sama sekali. Ukuran baterai yang membengkak dapat bervariasi dari benjolan kecil hingga yang cukup besar untuk mengubah laptop Anda menjadi jungkat-jungkit, atau bahkan mengeluarkan touchpad. (Ya, kami telah melihatnya.)

Bagaimana Saya Memperbaiki dan Mencegah Baterai Bengkak?

Setelah baterai mulai menggembung, baterai mungkin terus bekerja, dengan efisiensi yang lebih rendah. Atau laptop Anda mungkin tetap bekerja saat dicolokkan ke AC, tetapi mati dengan cepat karena colokannya atau mati segera setelah kabelnya ditarik. Pada akhirnya, jangan mengabaikannya; cepat atau lambat, baterai tidak akan berfungsi dengan baik lagi, dan setelah pembengkakan dimulai, baterai tidak dapat dibalik. Satu-satunya solusi Anda adalah mengganti baterai.

Tentu saja, ada cara, menurut para ahli yang kami ajak bicara, untuk mencegah hal ini terjadi lagi, atau pertama-tama:

  • Jangan biarkan perangkat Anda dicolokkan sepanjang waktu. Baterai bersifat siklus dan harus dikosongkan dan diisi ulang agar berfungsi secara efektif.

  • Simpan laptop Anda di lingkungan yang sejuk dan kering. Kondisi cuaca yang panas dan lembap membuat baterai lebih tegang dan dapat mempersingkat masa pakai baterai dari waktu ke waktu.

  • Saat membeli baterai baru, belilah dari produsen terkemuka. Biasanya yang terbaik adalah membeli pengganti dari pembuat laptop asli daripada opsi kompatibel termurah dari pihak ketiga.

  • Ganti baterai Anda jika sudah tua atau habis, dan jika laptop memungkinkan untuk menukarnya sendiri. Pabrikan menguji baterai mereka untuk bertahan hingga tiga atau empat tahun, dan di dunia yang sempurna, baterai tidak akan rusak, tetapi mereka melakukannya. Jika Anda mulai melihat tanda-tanda baterai rusak, bengkak, atau habis (pada kasus terakhir, baterai hanya tahan sebentar), gantilah sekarang daripada nanti.

Ini tidak semua malapetaka dan kesuraman. Produsen seperti Dell dan Lenovo telah bekerja pada teknologi baterai pintar di laptop mereka selama bertahun-tahun sekarang, memungkinkan baterai untuk melacak penggunaannya sepanjang hari untuk menghindari pengisian yang berlebihan.

Direkomendasikan oleh Editor Kami

Ambil contoh, Dell. “Baterai terus memantau bagaimana Anda menggunakan sistem Anda, dan itu akan menempatkan Anda dalam mode yang berbeda ini,” kata Rick C. Thompson, seorang insinyur dan ahli strategi teknologi terkemuka di Dell. “Jika pengguna mengizinkan kami untuk mengontrol baterai menggunakan pengisian berbasis konteks, kami tidak akan mengisi penuh. Kami menagihnya hingga 80% hingga 90% penuh, dan hanya mengisinya sebelum awal hari berikutnya.

Bagaimana Saya Dapat Mengganti Baterai Laptop Saya?

Aksesibilitas baterai di laptop modern (yaitu, kemampuan untuk masuk ke dalam casing dan mengganti baterai) adalah tas yang sangat beragam. Sebagian besar laptop dibuat berbeda satu sama lain di dalam, dalam variasi yang halus, dan beberapa hanya dilengkapi dengan baterai yang tidak dapat diganti karena sasisnya dirancang untuk tidak dibuka. Dengan MacBook Apple, beberapa ultrabook yang menjalankan Windows (terutama, beberapa model Surface Laptop Microsoft), dan beberapa Chromebook, baterai yang tidak dapat Anda akses untuk mengganti terkadang menjadi masalah. Jadi langkah pertama adalah berbicara dengan dukungan teknis laptop Anda untuk melihat apa pilihan Anda. Jika baterai Anda mulai membengkak, waktu untuk bertindak adalah sekarang.

Saat menilai situasi baterai Anda yang bengkak, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Nilai apakah Anda bahkan dapat mengakses baterai sendiri. Hubungi saluran dukungan produsen laptop atau sumber daya online untuk produk Anda untuk menanyakan pilihan Anda melalui saluran "resmi". Beberapa model populer memiliki tutorial online (tidak resmi) yang menunjukkan proses penggantian baterai juga.

  • Lihat cakupan garansi, dan apakah masih berlaku. (Kecuali Anda membayar untuk perpanjangan garansi, beberapa tahun setelah kepemilikan, jawabannya mungkin "tidak.") Perhatikan bahwa jika Anda cukup percaya diri untuk mencoba melakukan pertukaran baterai sendiri, hal itu dapat membatalkan garansi, jika ada yang tersisa . Juga, terkadang baterai laptop dilindungi oleh garansi yang lebih pendek daripada laptop utama itu sendiri.

  • Bersikaplah realistis tentang apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika Anda ingin mencoba memperbaikinya sendiri, jangan coba-coba dan lakukan dengan sembarang alat lama. Anda mungkin memerlukan satu atau dua obeng khusus (sekrup star-head biasa digunakan pada laptop), dan situs-situs seperti iFixit menjual kit alat khusus untuk Mac dan mesin lainnya. Baterai yang membengkak bisa menjadi ciuman kematian bagi beberapa laptop, tergantung pada produk dan pabrikannya. "Baterai dapat memiliki daftar UL atau peringkat yang menentukan apakah baterai dapat diservis oleh layanan pelanggan atau teknisi klien," kata Thompson.

  • Dan yang paling penting: Pada tanda pertama baterai membengkak, buat cadangan data penting secepatnya, dan hentikan penggunaan laptop.

  • Apa yang Harus Saya Lakukan Dengan Baterai Saya yang Bengkak?

    Satu-satunya hal yang harus dilakukan dengan baterai lama Anda yang bengkak adalah membuangnya. Dengan baterai lithium-ion, Anda harus melanjutkan dengan hati-hati, agar baterai tidak bocor saat memegangnya atau mengeluarkannya dari PC Anda. Jangan pernah membongkar baterai dengan alat logam, atau melenturkannya dalam keadaan bengkak. (Sebuah alat logam dapat menembus kulit luar dan memulai reaksi kimia; kami telah melakukannya secara tidak sengaja dalam mengganti baterai smartphone lama dan memicu beberapa kebakaran yang sangat kecil.) Baterai yang membengkak juga mengandung gas yang tidak ingin Anda hirup.

    Jika Anda mengganti baterai sendiri, pastikan untuk segera memasukkannya ke dalam kotak setelah baterai habis. Jangan membuang baterai di tempat sampah atau di tempat lain. Itu adalah larangan lingkungan, dan membuat pekerja sanitasi yang mungkin bersentuhan dengan baterai dapat membahayakan kesehatan. Selalu buang baterai—bengkak atau tidak—di fasilitas pembuangan baterai resmi. Pembuat sistem Anda dapat memberi petunjuk kepada Anda tentang proses dan lokasi pembuangan. Selain itu, pencarian Google yang cepat akan mengarahkan Anda ke situs pembuangan baterai yang tepat. Anda juga dapat menghubungi pemerintah setempat dan unit pembuangan limbah untuk mendapatkan petunjuk.

    Pengecer kotak besar juga mungkin merupakan rute termudah tergantung di mana Anda tinggal. “Saya akan sangat menyarankan orang-orang membawa mereka ke Best Buy, atau ke lokal [tech] pengecer atau bahkan Home Depot, yang memiliki [battery] kotak daur ulang,” kata Jakes. “Bahkan baterai lithium yang bagus pun menyebabkan kekacauan di aliran limbah.”

    Nikmati perangkat Anda dan kinerja yang ditawarkan oleh baterai lithium-ion dan peningkatan pintar baru mereka, tetapi perlu diketahui bahwa mereka harus diperlakukan dengan hati-hati dan hormat. Jika tidak, mungkin lebih dari sekadar baterai yang perlu diganti.

Post a Comment for "Tolong, Baterai Laptop Saya Bengkak! Sekarang apa?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel